5 media yang akan punah oleh teknologi di zaman sekarang

Era milenium merupakan era perkembangan teknologi yang pesat. Di awal tahun 2000 beberapa gadget mulai dibuat lebih canggih dan persaingan teknologi pun semakin sengit. Beberapa perusahaan gadget pun berlomba untuk menciptakan teknologi terbaik mereka. Namun secara tidak langsung apa yang mereka kembangkan ini telah membuat beberapa perangkat yang dulu sangat membantu menjadi tersingkirkan. Berikut uniknya.com merangkum 5 Perangkat yang Punah Oleh Teknologi.
1. Buku Telepon

Sebelum ditemukannya ponsel, orang-orang menggunakan telepon rumah sebagai sarana berkomunikasi. Untuk membantu mencatat nomer telepon penting maka dibuatlah buku telepon. Namun semenjak kehadiran ponsel dipasaran yang mempunyai fitur penyimpan kontak telepon, jasa dari buku telepon seolah tidak dibutuhkan lagi. Bahkan di eropa 10-30% dari sampah rumahan adalah buku telepon.
2. MP3 Players

Mp3 Player sempat populer di awal tahun 2000 yang pada saat itu belum terlalu banyak ponsel yang mempunyai fitur memutar musik. Jenis Mp3 player yang paling populer saat ini adalah iPod milik Apple. Namun dengan banyaknya ponsel yang mempunyai fitur pemutar musik dengan harga terjangkau, memiliki Mp3 player serasa mempunyai gadget yang sia-sia karena tidak ada fitur lain selain pemutar musik.
3. Keping DVD dan DVD player

DVD merupakan perangkat multimedia yang biasanya digunakan untuk menyimpan film. Dalam satu keping DVD original biasanya berisi 1 sampai 2 film. Semenjak kehadiran situs yang menyediakan file hosting, dimana kita dapat mengunduh film secara online peminat DVD semakin menurun. Ini dikarenakan mengunduh lebih hemat dan efisien dibandingkan membeli keping DVD.
4. Koran, Katalog dan Majalah

Koran, Katalog, dan Majalah merupakan media cetak yang digunakan sebagai media komunikasi cetak dan hiburan. Saat ini, media tersebut mulai ditinggalkan seiring melonjaknya popularitas internet di dunia. Peran koran digantikan oleh situs berita sementara katalog dan majalah digantikan oleh buku elektronik (E-book)
5. Uang
Saat ini, uang menjadi alat pembayaran yang digunakan semua orang didunia. Sebelum ditemukannya uang, transaksi jual beli dilakukan dengan menukar barang dengan harga jual yang sama (barter). Saat ini transaksi pembayaran selain menggunakan uang juga dapat menggunakan ATM dan kartu kredit. Walaupun berujung dengan memakai uang namun penggunaan ATM dan Kartu kredit dirasa lebih aman dan praktis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar