5 fakta menarik Real Madrid vs Man.United


Sobat Unik, sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari dan populer di seluruh dunia. Salah satu liga yang paling digemari yaitu Liga Champion (Champion League) yang mempertemukan klub-klub sepakbola elite di daratan Eropa.
Pada leg 16 besar Liga Champion antara Real Madrid vs Manchester United ini mengisahkan sejarah panjang dari klub masing-masing. Berikut kami rangkum 5 fakta tentang klub tersebut, sebagai berikut :


1. Tahun 1902

Real Madrid dan Manchester United memiliki sejarah penting pada tahun 1902. Klub Real Madrid yang berbasis di kota Madrid, Spanyol ini didirikan pada tanggal 6 Maret 1902 dengan nama Madrid Club de Futbol yang kemudian menggunakan gelar Real (Kerajaan) setelah mendapat izin dari Raja Olfonso XIII.

(sumber : blogspot.com, uniknya.com)
(sumber : blogspot.com, uniknya.com)

Manchester United sebelumnya didirikan pada tahun 1878 dengan nama Newton Heath L&YR F.C.yang merupakan tim sepak bola milik perusahaan kereta api Lancashire and Yorkshire Railway. Kemudian pada tahun 1902, klub ini mengubah namanya menjadi Manchester United.
 2. Trofi

Real Madrid maupun Manchester United merupakan tim yang kuat di Eropa. Hal tersebut dikarenakan raihan trofi mereka yang banyak. Manchester United memiliki 19 trofi Premier League, 11 tofi FA Cup, 4 League Cup, 19 Community Shield, 3 Champion League, 1 FIFA Club World Cup, 1 UEFA Super Cup, 1 Intercontinental Cup, 1 European Cup.

Real Madrid dan Manchester United (sumber : blogspot.com, uniknya.com)
Real Madrid dan Manchester United (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

Real Madrid juga memiliki banyak trofi seperti Mereka telah meraih 32 gelar La Liga, 18 gelar Copa del Rey, 8 Piala Super Spanyol, 9 gelar Piala Champions/Liga Champions UEFA, 2 Piala UEFA, 1 Piala Super Eropa, dan 3 Piala Interkontinental.
3. Pelatih

Sir Alexander Chapman “Alex” Ferguson  adalah pelatih klub Manchester United sejak tanggal 6 November 1986 hingga sekarang yang mana sudah bertugas lebih dari 1000 pertandingan bersama MU. Sir Alex merupakan pelatih tersukses dalam sepak bola Inggris. Pada tahun 1999, dia membawa MU meraih treble winner dari Premier League, FA Cup, dan Champion League. Fergie merupakan satu-satunya pelatih yang memenangkan liga Inggris 3 kali berturut-turut dengan tim yang sama pata periode 1998-1999, 1999-2000, dan 2000-2001.

Alex Ferguson dan Jose Mourinho (sumber : blogspot.com, uniknya.com)
Alex Ferguson dan Jose Mourinho (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

José Mário dos Santos Félix Mourinho atau  dikenal dengan Jose Mourinho ini adalah pelatih sepakbola asal Portugal. Sejak tanggal 31 Mei 2010 ia menangani klub Real Madrid yang merupakan salah satu pelatih terbaik dunia.
Pada 2 Juni 2008 hingga 30 Mei 2010, ia melatih Inter Milan dan meraih treble winner dengan klub asal italia tersebut. Ia juga pernah melatih di klub Chelsea (2004-2007), Porto (2002-2004), U.D. Leiria (2001-2002), dan Benfica (2000). Mou membawa Porto, Chelsea, dan Inter Milan menjadi jawara dua kali liga masing-masing, dan mengantarkan gelar Liga Champions dan Piala UEFA bagi Porto. Kemudian ia juga diberi penghargaan sebagai pelatih sepak bola terbaik dunia sebanyak tiga kali oleh International Federation of Football History & Statistics (2004, 2005, dan 2010).
4. Stadion

Real Madrid memiliki stadion yang bernama Santiago Bernabeu yang dibangun pada tahun 1947 yang memiliki kapasitas 77.300 pengunjung. Stadion ini merupakan stadion terbesar dan terbaik di dunia karena memiliki semua fasilitas terbaik seperti bantalan untuk tempat duduk, atap, tempat VIP, dan lain sebagainya.

Old Trafford dan Santiago Bernabeu (sumber : blogspot.com, uniknya.com)
Old Trafford dan Santiago Bernabeu (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

Old Trafford merupakan nama stadion yang dimiliki oleh klub Manchester United. Stadion ini didirikan pada tahun 1910 yang diberi julukan The Theatre of Dream oleh Sir Bobby Charlton. Stadion bintang 5 ini memiliki kapasitas 75.765 pengunjung serta merupakan stadion terbesar kedua di Inggris setelah Wembley Stadium.
5. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo merupakan pemain fenomenal yang dulu dimiliki oleh Manchester United yang didatangkan dari klub Sporting Lisboa. Di MU, Ronaldo menyandang nomor punggung 7 yang merupakan nomor paling legendaris di MU. Nomor tersebut diberikan oleh Ferguson sebagai wujud penghargaan atas prestasinya dengan bermain sebanyak 196 kali dan mencetak 84 gol.

Cristiano Ronaldo (sumber : blogspot.com, uniknya.com)
Cristiano Ronaldo (sumber : blogspot.com, uniknya.com)

Namun pada 1 Juli 2009, Ronaldo pindah ke Real Madrid dengan memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta Pound atau sekitar 1,3 triliun Rupiah. Pada musim La Liga 2010/2011, ia mencatatkan dirinya menjadi top scorer dengan mencetak 40 gol.



1 komentar:

  1. Infonya mantap gan!
    Dilengkapi dengan gambar, informasi dari ente makin joss gan ^^

    BalasHapus