12 Rivalitas terpanas sepakbola di dunia

11 Rivalitas Terpanas Dalam Sepakbola, Manchester United akan menjamu Liverpool dalam lanjutan Premier League. Ini adalah duel antara dua tim paling sukses di tanah Inggris; United sudah mengumpulkan 19 trofi liga sedangkan Liverpool punya 18.

Performa mereka mungkin tidak terlalu berimbang saat ini, namun secara sejarah pertandingan ini selalu dipenuhi hasrat dan tensi tinggi. Keinginan untuk menang menjadi berlipat ketika dua rival ini bertemu.

Rivalitas, di mana pun tempatnya, memang selalu memberi semangat lebih kepada dua sisi yang bersaing. Kadang, semangat dan hasrat yang terlampau besar menjadikan rivalitas seperti ini menjadi cenderung kotor.

Berikut kami sajikan beberapa rivalitas paling sengit dalam dunia sepakbola.
1. El Clasico
El Clasico
Pertandingan antara Barcelona kontra Real Madrid ini selalu sengit. Akar dari rivalitas paling besar di Spanyol ini adalah motivasi politik, identitas dan perbedaan pemahaman tentang negara.
Barca merupakan representasi dari Catalonia sedangkan Real adalah klub para Raja Spanyol.
2. Old Firm
Old Firm
Derby kota Glasgow ini berawal dari maslah agama, sektarian dan kebencian tiada akhir. Jika laga Old Firm digelar, kota Glasgow terbelah dan kebencian menyebar di mana-mana. Tak jarang aksi kekerasan mewarnai pertandingan sarat emosi ini.
Sayangnya kita tak akan melihat Old Firm
dalam waktu dekat karena Rangers yang
bangkrut didegradasi ke divisi tiga liga
Skotlandia. Old Firm seringkali menjadi
penentu gelar juara karena duopoli Rangers dan Celtic di negara itu.
3. Derby d’Italia
Derby d'Italia
Pertandingan antara Juventus kontra
Internazionale disebut sebagai derby Italia. Persaingan dua tim ini sudah dimulai pada awal abad ke 20. Kota Turin dan Milano adalah dua kota paling maju di timur laut Italia.
4. Klassieker
Klassieker
Perseteruan antara Ajax Amsterdam kontra Feyenoord adalah persaingan utama sepakbola domestik di Belanda.
Secara historis, pertandingan dua tim ini adalah pertarungan antara para seniman
Amsterdam melawan para pekerja Rotterdam.
5. Le Classique
Le Classique
Persaingan antara PSG kontra Marseille adalah rivalitas jarak jauh di Prancis.
Pertandingan antara kedua tim ini juga sering disebut sebagai Derby de France alias derby Prancis. Marseille mewakili Prancis selatan yang secara sejarah cenderung didominasi secara politis oleh kaum bourjois dari Prancis Utara yang diwakili PSG.
6. Revierderby
Revierderby
Dalam beberapa tahun terakhir, Borussia
Dortmund adalah rival utama Bayern Munich dalam meraih gelar domestik di Jerman. Namun rival utama Dortmund yang sebenarnya adalah Schalke 04.
Sama-sama dari daerah Ruhr, Dortmund dan Schalke berasal dari kota-kota industri baja. Pertemuan kedua tim ini selalu mampu membelah Ruhr menjadi kuning dan biru.
7. Derby de Lisboa
Derby de Lisboa
Banyak nama yang disandang oleh rivalitas antara Benfica dengan Sporting Lisbon. Selain Derby de Lisboa, ada juga Derby Eterno, Derby da Segunda Circular dan Derby da Capital.
8. Kitalar Arasi Derbi
Pertandingan antara Fenerbahce dengan
Galatasaray adalah derby satu kota yang
berbeda benua. Dipisahkan oleh selat Bosphorus, Galatasaray mewakili Istanbul
Eropa dan Fenerbahce mewakili Istanbul Asia.
9. Mother of All Battles
Ada dua nama yang mewakili pertandingan antara Olympiakos dan Panathinaikos. Yang pertama adalah Mother of All Battles namun sering juga disebut sebagai Derby of the Eternal Enemies.
Sekali lagi, asal persaingan ini adalah soal perbedaan kelas para pendukungnya. Panathinaikos berasal dari tengah kota Athena dan mendapat dukungan dari kalangan atas masyarakat.
Sementara itu, Olympiacos didukung oleh
masyarakat kelas bawah yang menghuni
pelabuhan-pelabuhan Athena.
10. Fla-Flu
Fla-Flu
Persaingan paling sengit di Brasil adalah
antara Flamengo dan Fluminense. Tak seperti yang lain, persaingan keduanya tak diawali oleh perbedaan kelas atau politik. Rivalitas ini ada karena pengkhianatan.
Pada Oktober 1911, beberapa pemain yang merasa tak puas meninggalkan Fluminense. Mereka bergabung ke Flamengo yang saat itu tak punya departemen sepakbola. Sejak saat itu, rivalitas keduanya semakin intens setiap waktu.
11. Superclasico
Superclasico
Jika dibandingkan yang lain, inilah derby paling paling panas di seluruh dunia. Inilah pertandingan besar antara dua klub terbesar di Argentina; River Plate kontra Boca Juniors. Inilah Superclasico.
Awal dari perseteruan dua lawan klasik ini adalah perbedaan kelas. River adalah klub yang mendapat dukungan dari kelas
menengah ke atas kota Buenos Aires. Sementara itu, Boca adalah klub yang didukung oleh kelas pekerja yang kebanyakan merupakan imigran as
12.Indonesia El Classico
 Yang ini Berasal Dari Indonesia 2 tim yang saling berseteru satu sama lain yaitu Tim asal ibukota Persija Dan Persib keduannya adalah livalitas abadi. jadi, setiap bertanding suporter kedua tim terlibat tawuran bahkan pemain juga bisa terlibat perkelahian di dalm lapangan,mungkin karena dendam lama. tetapi lucunya kedua tim ini sering bertukar pemain seperti Abanda herman yang dulunya di persija sekarang di Persib.Kedua pihak dari persija dan persib berusaha untuk berdamai tetapi suporter yang terus berseteru satu sama lain ini menjadi sangat sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar